Berikut Kelebihan Dan Kekurangan 5 Tipe Aki Sepeda Motor

Hallo rekan-rekan ProRent Jakarta, selamat datang kembali di website kami. Postingan kali ini ProRent akan membahas seputar aki sepeda motor.

Salah satu koponen sepeda motor yang memiliki fungsi cukup penting adalah aki. komponen aki sepeda motor memiliki fungsi kelistrikan pada setiap bagian sepeda motor. Sehingga jika aki sepeda motor mengalami masalah, sumber kelistrikan pada motor tentunya juga akan ikut terganggu.

Perlu kalian ketahui bahwa aki sepeda motor memiliki beberapa tipe yang berbeda-beda. Terdapat 5 tipe atau jenis aki sepeda motor yang beredar di pasaran yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Untuk itu, kalian perlu memahami tipe aki yang cocok untuk dipasang di sepeda motor kalian.

Berikut ini pemaparan ProRent Jakarta tentang kelebihan dan kekurangan 5 tipe aki sepeda motor :

 

Aki Basah

 

Adalah jenis aki sepeda motor yang sering digunakan oleh pengendara motor. Aki ini berisi cairan elektrolit yang mampu menghantarkan arus kelistrikan pada bagian sepeda motor. Kelebihan dari aki basah ini yaitu harganya cukup terjangkau dipasaran, dan dapat digunakan berkali-kali dengan perawatan yang optimal dan penggantian cairan yang teratur.

Namun, di sisi lain aki basah juga memiliki kekurangan, yaitu perlu perawatan yang ekstra karena cairan di dalam aki yang harus selalu di cek ketinggianya supaya bisa berfungsi dengan normal. Selain itu, kandungan cairan di dalam aki basah juga bisa membahayakan jika tumpah dan mengenai tubuh.

 

Aki Kering (Bebas Perawatan)

 

Berbeda dengan aki basah, aki kering justru bersifat lebih aman karena isi dalam aki yang berbentuk gel. Sehingga tidak akan mudah tumpah dan juga tidak perlu perawatan seperti pengisian ulang. Aki sepeda motor jenis ini, sangat cocok buat kalian yang tidak ingin repot dalam merawat aki. Selain tidak membutuhkan penggantian cairan aki, tipe aki kering juga sangat praktis dalam penggunaanya.

Namun, aki kering juga memiliki kelemahan dimana hanya bisa digunakan satu kali pakai saja. Selain itu, harganya juga lumayan mahal dan umur aki yang tidak terlalu panjang karena sifatnya yang tidak bisa isi ulang.

 

Aki Gel

 

Seperti namanya, aki ini juga hampir mirip dengan aki kering yang isinya berupa gel. Bedanya, aki gel lebih bersifat tahan lama karena kandungan elektrolit gelnya yang bersifat tidak tahan bocor.

Kelebihan lainya, aki gel ini juga tidak memerlukan perawatan ekstra seperti pengisian ulang. Karena  bersifat gel, aki sepeda motor ini juga merupakan trobosan baru yang memungkinkan aki dapat dibolak-balik tanpa harus khawatir elektrolitnya tumpah.

 

baca juga :

Pengen Ban Motor Awet? Lakukan Perawatan Berikut Ini

Aki gel juga mempunyai kelemahan yaitu dalam segi harga yang lebih mahal bahkan dari aki kering. Selain itu, karena msih terhitung inovasi baru, aki ini juga belum banyak ditemui dipasaran dan belum banyak dikenal oleh masyarakat pengguna sepeda motor.

 

Aki Kalsium

 

Merupakan turunan aki basah karena isinya juga berupa cairan elektrolit. Perbedaanya terletak pada kutub positif dan kutub negative yang terbuat dari bahan kalsium. Kelebihan dari aki sepeda motor ini yaitu, dalam hal penyimpanan arus listrik, aki kalsium lebih baik ketimbang aki basah. Namun disisi lain, aki ini jarang di jual di bengkel-bengkel umum.

 

Aki Hybrid

 

Adalah jenis aki sepeda motor yang isinya merupakan penggabungan antara aki basah dan aki kalsium. Kutub positifnya terbuat dari bahan low antimonial (aki basah), sedangkan kutub negatifnya terbuat dari bahan kalsium (aki kalsium). Kelebihan yang dimiliki aki hybrid yaitu usia pakai yang lebih awet daripada aki basah. Aki hybrid juga memiliki tingkat penguapan cairan elektrolit yang lebih rendah, sehingga bersifat tahan lama.

Namun, aki sepeda motor ini sangat sulit dijumpai dipasaran. Cairan didalamnya juga sangat berbahaya jika tumpah dan mengenai bagian tubuh. Untuk itu, kalian harus ekstra hati-hati ketika mengatasi ketumpahan cairan aki hybrid tersebut.

 

 

Kesimpulannya. Ada 5 tipe aki sepeda motor yang perlu kalian ketahui dari segi kelebihan dan kekurangannya. Karena hal ini sangat penting untuk menyesuaikan tipe aki motor yang bisa kalian gunakan untuk sepeda motor kalian.

 

 

Respond For " Berikut Kelebihan Dan Kekurangan 5 Tipe Aki Sepeda Motor "