Pengen Ban Motor Awet? Lakukan Perawatan Berikut Ini

Ban motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang sangat penting fungsinya. Jika terjadi masalah pada ban tetunya akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Namun, mayoritas pengendara sepeda motor kurang memperhatikan kondisi ban motor ketika digunakan. Mereka hanya menyadari ban motornya rusak jika sudah mengalami kebocoran ban atau ban kemps secara tiba-tiba.

 

Padahal sama halnya seperti komponen motor yang lainnya, ban motor juga memerlukan perawatan loh. Jadi, penting juga untuk menjaga kondisi ban agar performanya tetap enak ketika digunakan. Nah, bagaimana perawatannya? Supaya ban motor tetap awet dan tahan lama penggunaan! Berikut ini Prorent Jakarta akan sedikit memberikan tips merawat ban motor buat kalian:

 

Mengisi Angin Dengan Nitrogen (N2)

 

Tidak ada salahnya kalian mengisi angin ban dengan nitrogen, karena nitrogen ini juga memiliki gas partikel yang lebih besar daripada oksigen. Sehingga dapat mencegah kebocoran yang dapat menyebabkan kurangnya tekanan gas pada ban motor.

 

Mengecek Kondisi Angin Dalam Ban Motor

 

Tips yang ke 2 yaitu jangan lupa untuk selalu cek kondisi tekanan udara ban, minimal 1 kali dalam seminggu. Karena jika kondisi tekanan angin dalam ban berkurang, secara otomatis akan mempengaruhi keseimbangan motor ketika dipakai. Selain itu, kondisi ban yang kekurangan tekanan udara juga bisa membuat ban motor lebih cepat tipis dan tepos akibat gesekan yang lebih besar pada aspal jalan.

 

Hindari Parkir Di Ruangan Terbuka

Baca Juga :

Informasi Motor Terbaru Yang Akan Segera Diluncurkan Dipasaran

 

Salah satu kebiasaan pengendara sepeda motor yang tidak mereka sadari bahwa kebiasaan tersebut bisa membuat ban motor mereka jadi tidak awet adalah parkir di tempat terbuka yang panas. Ketika sepeda motor diparkirkan pada ruangan terbuka dan terkena sinar matahari, ban  akan mengelami pemuaian sehingga akan menjadi keras. Kondisi ban yang keras tersebut akan menyebabkan ban  menjadi lebih cepat retak, bahkan robek.

 

Jangan Lupa Selalu Bersihkan Ban Motor

 

Hal yang jarang diperhatikan oleh pengguna motor adalah membersihkan bagian ban motor ketika mencuci motor. Padahal ini juga hal yang penting untuk merawat ban pada sepeda motor loh. apalagi jika terdapat krikil yang menempel disela-sela ban motor kamu nih, krikil tersebut bisa saja membuat ban menjadi robek.

 

Hindari Menambal Ban Berulang Kali

 

Ketika ban bocor, kebiasaan yang dilakukannya adalah menambal ban  sampai beberapa kali. Hal ini dapat mempengaruhi performa motor ketika digunakan. Karena ban sepeda motor yang seringkali ditambal pastinya akan rentan bocor lagi dan lagi. Oleh karena itu, lakukanlah tambal ban minimal 3 kali saja. Jika lebih dari itu lebih baik jika kalian menggantinya.

 

Hindari Jalan Yang Berlubang Dan Pengereman Mendadak

 

Melewati jalan yang berlubang dan rusak terlalu sering juga dapat menyebabkan kondisi ban menjadi tidak awet. Untuk itu, hindarilah melewati jalan yang terjal.

 

Periksa Kondisi Pentil Ban

 

Jangan lupa juga untuk memeriksa pentil ban, apakah kondisinya masih bagus atau tidak. Karena fungsi pentil ban ini adalah untuk menutup jalan masuk tekanan udara pada ban. Jika pentil ban ini rusak atau hilang, maka tekanan udara pada ban akan menjadi mudah keluar dan gampang kemps.

Baca Juga :

Motor Listrik Yang Dijual Dengan Harga Selangit Di Pasaran Dunia

 

Kesimpulannya. Untuk melakukan perawatan pada ban pada motor kalian hanya perlu melakukan  7 tips diatas. Perawatan tersebut tidak terlalu menghabiskan uang ketimbang kalian harus selalu mengganti ban dengan renrtang waktu pemakaian yang sebentar.

Respond For " Pengen Ban Motor Awet? Lakukan Perawatan Berikut Ini "