-->

6 Langkah Menggunakan Scanner Pada Printer

Hallo rekan-rekan ProRent Jakarta, selamat datang kembali di website kami. Buat kalian pengguna printer scanner, sudah tahukan bagaimana cara mengoperasikan scan printer untuk mengonversi dan memindai dokumen menjadi digital?

 

Scanner adalah salah satu alat pemindai dan pengonversi dokumen yang sekarang sangat penting keberadaanya untuk menunjang kebutuhan sebuah kantor ataupun sebuah usaha. Seperti yang kita lihat, perkembangan teknologi sekarang ini semakin canggih, berbagai informasi yang dulunya menggunakan dokumen sekarang beralih softcopy.

Dokumen dalam bentuk digital ini dirasa lebih praktis dan lebih mempermudah pekerjaan setiap orang, terutama dalam dunia perkantoran. Oleh karena itu, terciptalah mesin scanner yang membantu untuk mengonversi dokumen cetak menjadi dokumen digital.

 

Untuk itu, buat kalian pengguna printer scanner apakah kalian sudah lihai menggunakan scann untuk mengonversi berbagai dokumen ke dalam bentuk softcopy. Berikut ini, ProRent Jakarta akan berikan sedikit ulasan langkah-langkah menggunakan scan pada printer:

 

Baca Juga :

 

Printer Eror Secara Tiba-Tiba? Biasanya Terjadi Masalah Berikut Ini

Pastikan Komputer Terhubung Pada Driver Printer

 

Driver printer adalah software aplikasi yang berfungsi untuk mengkomunikasikan printer dengan komputer. Untuk itu, sebelum melakukan scanner pastikan kalian sudah mendownload driver printer sesuai jenisnya kemudian install pada komputer.

 

Pastikan Komputer Dan Printer Sudah Terkoneksi

 

Setelah kalian selesai menginstal driver printer, hubungkan komputer dengan printer melalui kabel USB yang bisa langsung dicolokkan ke komputer. Bahkan  jika printer scanner kalian termasuk tipe scanner portable, kalian juga bisa mengkoneksikannya  melalui wifi atau Bluetooth kalau memang ada fasilitas koneksi tersebut pada printer. Setelah itu, nyalakan printer dengan klik power on.

 

Taruh Dokumen Pada Mesin Scanner

 

Setelah mesin printer aktif, lakukan penyekenan dengan meletakkan dokumen ke mesin scanner. Posisi dokumen harus dihadapkan ke kaca dengan letak yang pas, kemudian tutup penutup scanner untuk menghasilkan sofcopy yang rapi. Tetapi, jika dalam printer scanner portable, kalian hanya perlu meletakkan dokumen pada tempat yang sudah tersedia.

 

Buka Aplikasi Pengaturan Pada Komputer

 

Langkah senjutnya, kalian harus membuka aplikasi printer & Scanners yang terdapat pada pengaturan di komputer. Setelah itu aplikasi dinyalakan, akan muncul panel pengaturan berkaitan dengan jenis dan tipe dokumen softcopy yang akan dihasilkan.

 

Melakukan Scanning Dan Editan

 

Untuk melakukan pengeditan biasanya dapat kamu lakukan pada panel yang sudah ada. Jika ingin melakukan pemindaian dokumen, klik New Scan atau tombol start. Kemudian tunggu sampai seluruh dokumen dipindai semuanya.

 

Simpan Dokumen

 

Langkah terakhir adalah jangan lupa untuk menyimpan dokumen hasil scan-nan. Setelah dokumen selesai dipindai, maka akan muncul tampilan virtualnya sesuai dengan layar PC atau laptop kalian. Nah, setelah itu akan muncul menu save di pojok kiri atas. Klik save untuk melakukan penyimpanan, lalu simpan ke folder sesuai yang kamu inginkan.

 

 

Kesimpulan: Untuk melakukan scan pada printer kalian hanya perlu melakukan 6 langkah diantaranya periksa konektivitas baik USB dan driver printer, kemudian menaruh dokumen ke mesin scan, sambungkan dengan aplikasi scan, lakukan scanning dan edit lalu disimpan.

 

Respond For " 6 Langkah Menggunakan Scanner Pada Printer "