-->

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Motor

Hallo rekan-rekan ProRent Jakarta, selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini, Prorent Jakarta akan membahas tentang hal-hal yang harus diperhatikan ketika mencuci motor.

 

Bagi kalian yang memiliki sepeda motor, melihat motor dalam keadaan bersih adalah sebuah kebanggaan bagi setiap orang. Apalagi dimusim hujan seperti ini, dimana mencuci motor adalah akan sering dilakukan karena motor yang cepat kotor oleh guyuran air hujan.

Mencuci sepeda motor memang suatu hal yang gampang, tetapi juga tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa bagian motor yang sensistif terhadap semburan air. Oleh karena itu, jika bagian motor tersebut diabaikan ketika mencuci motor, jangan salahkan ketika mesin motor kalian justru bisa bermasalah. Niatnya mencuci motor supaya motor terlihat cantik, akan tetapi karena kurang memperhatikan hal-hal yang harus dipahami jadinya malah merusak mesin motor.

Nah, untuk itu ketika kalian hendak mencuci motor jangan lupa perhatikan hal-hal berikut ini:

 

Jangan Mencucui Motor Ketika Kondisi Mesin Panas

 

Mencuci motor ketika kondisi mesin panas atau setelah dipakai justru akan merusak mesin motor secara tidak langsung. Terutama untuk komponen sepeda motor yang terbuat dari logam. Mencuci motor dalam kondisi panas ini bisa membuat komponen yang terbuat dari logam mengalami perenggangan karena penurunan suhu panas yang drastis akibat tersiram air. Bahkan knalpot motor bisa langsung merangsangnya dengan mengeluarkan asab ketika kondisi mesin panas dan tersiram air.

Untuk itu, ketika kondisi mesin masih panas, tunggu mesin dengan suhu nirmal terlebih dahulu. Baru kemudian kalian boleh mencuci motor, jika ingin menghindari kerusakan atau masalah pada komponen motor.

 

Jangan Sampai Knalpot Kemasukan Air

mencuci motor pro

Hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci motor tak terkecuali adalah knapot. Banyak orang yang mengabaikan knalpot ketika menyiram air. Padahal knalpot sangat sensitif terhadap air, apalagi jika air tersebut masuk ke dalam lubang knalpot. Bisa-bisa motr menjadi mogok atau tidak mau hidup. Oleh karena itu, hati-hati ketika menyiram air pada daerah knalpot, jangan sampi air masuk ke dalamnya. Jika perlu, tutup kenalpot menggunakan plastik atau pembungkus lainnya.

 

Hindari Semprotan Air Dengan Tekanan Tinggi

mencuci motor-prorent

Mayoritas orang justru lebih senang mencuci motor dengan semprotan air bertekanan tinggi karena dianggap akan lebih membersihkan komponen motor yang terlalu kotor. Tapi tahukah kalia, jika semprotan air yang bertekanan tinggi justru berpotensi merusak bagian mesin terutama komponen yang terdapat saluran listriknya. Komponen tersebut bisa saja konslet karena semprotan air yang membasahinya.

Alangkah baiknya ketika mencuci sepeda motor siram air menggunakan gayung saja atau siram air dengan tekanan rendah, untuk menghindari konslet pada saluran listrik bagian dalam.

 

Hindari Menyiram Filter Udara Pada Motor

mencuci motor-prorent

Filter sebagai penyaring udara kotor pada pembuangan esin motor ini juga sangat sensitif jika terkena siraman air. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika menyiram air yang mendekati filter motor. Sebab, jika filter udara ini terkenai air terlalu sering, bisa-bisa mesin tidak mau menyala atau mogok.

 

Hati-Hati Ketika Menyiram Bagian Lampu Depan Motor

mencuci motor-prorent

Pernah melihat lampu depan motor kalian berembun? Itulah tanda-tanda jika lampu depan motor kemasukan air. Kondisi ini bisa membuat lampu konslet dan mati, untuk mencegah hal tersebut ketika terjadi masalah demikian. Maka hal yang harus kalian lakukan adalah menyalakan lampu depan motor beberapa saat agar embun tersebut mengering karena pancaran panas dari lampu.

 

Hati-Hati Menggunakan Polesan Body Motor

 

Khususnya untuk body yang dicat dengan jenis doff (matte) yang tidak boleh sembarangan bisa dipoles dengan sembarang cairan pembersih. Karena bisa saja cat pada body motor tersebut justru pudar.

Untuk menhindari hal tersebut, alangkah baiknya jika kalian memoles body motor cukup dengan kanebo saja.

 

 

 

Demikian pembahasan ProRent Jakarta tentang hal-hal yang harus diperhatikan ktika mencuci motor. Sebagai pengguna yang baik, tentunya kalian harus paham dengan apa yang prlu kalian tahu seputar dunia motor. Tak terkecuali hal simpel seperti mencuci motor yaa.

 

 

 

BUTUH SEWA SEPEDA MOTOR!

DI PRORENT JAKARTA AJA

CALL : 0852-9033-6876

 

 

Respond For " Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Mencuci Motor "